Anatomi zippo Korek api tahan angin dan tahan lama

Menurut pabrikan zippo,  Korek api zippo terdiri dari 22 bagian termasuk:  Eyelet, Cam Spring, Wick, Cam, Cam Rivet, Plate, Flint Wheel, Flint Wheel Rivet, Inside Case, Tube Insert, Tube, Rayon Balls, Felt Pad, Flint, Spring Tip, Flint Spring, Screw, Lid, Hinges, Hinge Pin, and Bottom Case.

seperti yang ditunjukan bagan ini: meski hasil jadinya terlihat simple dan cara kerja atau mekanismenya sederhana namun di dalamnya terdapat banyak bagian – bagian.

Anatomi Zippo
Anatomi Zippo

108 pabrikan yang berbeda untuk produksi part anatomi zippo

Anatomi 22 part kecil tersebut di produksi oleh 108 pabrik yang berbeda . meski begitu  pihak zippo tetap memberikan garansi perbaikan seumur hidup alias lifetime guarantee.  garansi ini bisa berupa di perbaikin kembali yang rusak atau malah di ganti baru sama sekali. tapi andaharus ngirim dulu zippo nya ke kantor perwakilan zippo, nanti ongkos kirim baliknya baru di tanggung.  Hal ini yang membuat zippo selalu spesial dan berbeda. makanya kalo punya zippo rusak jangan di buang atau di telantarin, kirim balik aja ke pihak zippo nya biar di perbaikin atau di ganti baru.

Anatomi Zippo yang biasa perlu perawatan

Dari banyak part bagian tersebut diatas yang paling sering kita temuin untuk perawatan rutin yaitu ruang bakar yang ada di bagian insertnya , ruang bakar kita bersihkan agar nyala api nya bersih dan stabil, kalo kena angin biar tidak gampang mati, selain itu juga menghemat umur sumbu.

anatomi zippo insert
Ruang bakar di insert

Anatomi Zippo yang biasa perlu penggantian rutin

Kalo untuk penggantian rutin biasanya saya mengganti  flint/batu api bisa 1-2 minggu sekali  (rokok 1 bungkus isi 16 tiap hari) dan wick/sumbu 3-4 bulan sekali.  selain perawatan bagian anatomi zippo tentunya bahan bakar atau minyak zippo saya isi 3-4 hari sekali pemakaian normal, kalo di tambah pake mainan nge trick zippo  bisa 1-2 hari sekali ngisi.

anatomi zippo flint wick
flint dan wick

Note: Yang punya zippo rusak bisa komen di bawah sini, siapa tau nanti kita bisa kirim barengan ke pihak dealer zipponya.

53 thoughts on “Anatomi zippo Korek api tahan angin dan tahan lama

  1. Gan Saya Ada Zippo Hinges nya agak kendur jadi kalau di tutup tidak rapat gimana caranya gan biar bisa rapat tutup nya

  2. Gan zippo ane lubang engsel yg ujungnya patah 1 itu mnyebabkan kebocoran ga trus cara memperbaikinya gmna

  3. Gan zippo ane pertamanya ga nyala coba isi lg minyak nya,tp ttp ga nyala. Diliat ga ada percikan api ane coba teken stelan batu nya,ntah krn kekencengan skrg whell nya ga bisa muter lg.ada solusi?

  4. mau nanya gan zippo ane pas mau di nyalain gabisa nyala, gaada percikannyan, kayanya rusak di flint wheel nya, cara memperbaiki nya gimana ya? terimakasih

  5. mau nanya zippo ane korek nya pas di cetek gabisa nyala, gakeluar percikannya, kayanya rusak flint wheel nya, cara memperbaikinya gimana ya? makasih gan

  6. Gan mau nanya kalo zippo susah nyala kenapa ya, padahal sumbu bagus di ganti baru malah, terus percikan api juga bagus, terus kalo ganti kapas, kapasnya mesti yg husus ga sih gan, kalo yg husus zippo lg yg kaya gimana kapasnya, mohon pencerahannya

  7. gan zippo saya baru saya ganti sumbunya terus batu api nya juga tapi kok tetap aja nyalan nya susah….. mohon pencerahan nya gan terimakasih

    1. halo gan,
      1. Ruang bakar sudah di bersihkan gan? kalo belum bersihkan
      2. coba di test dengan korek gas nyalain nya gampang apa susah? kalo tetep susah coba ganti minyaknya/ beli minyak zippo ny di tempat lain.
      3. test percikan apinya besar gag? kalo kurang besar peer nya pendorong batu api mungkin sudah kendor. tarik aja panjangin dikit peer nya.

      sementara itu dulu gan, silahkan di coba dulu

  8. gan ane ada Zippo kalo ditutup nggak mau rapat.trus bunyinya nggak mau nyaring….apa bisa di naikin ya.wilayah surabaya daya tinggal

  9. kalo mau beli sumbu zippo di jogja mana ya gan. minyak zippo saya gak awet gan paling lama 1 hari udah habis. atau ada solusi lain gan. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *